Jumat, 24 Juni 2016

PERENCANAAN DAN PENGEMBARAN KARIR


                Karir adalah posisi yang berhubungan dengan jabatan suatu pekerjaan yang dimiliki oleh seseorang selama bertahun-tahun.

                Konsep Karir adalah konsep yang netral (tidak berkonotasi positif atau negatif). Karena itu karir ada yang baik dan ada pula karir yang buruk. Perencanaan karir seseorang dapat berjalan baik atau buruk sebenarnya ditentukan juga oleh peran dan dukungan dari departemen sumber daya manusia dan manajemen personalia. 

Perencanaan Karir adalah proses pertimbangan untuk menjadikan seseorang sadar akan kemampuan personal, minat, pengetahuan, motivasi, dan karakteristik lainnya, serta menetapkan rencana tindakan untuk mencapai tujuan 

DASAR-DASAR MANAJEMEN KARIR

                Pengembangan Karir . Mencakup peningkatan kemampuan seseorang agar dapat mewujudkan rencana karirnya.

                Manajemen Karir adalah proses untuk memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan mengembangkan kemampuan mengenai karir agar dapat menggunakannya secara efektif .

                Karir Development adalah aktivitas yang berkontribusi terhadap eksplorasi, penetapan, kesuksesan, dan pemenuhan karir seseorang yang dilakukan secara terus menerus

MENGATUR PROMOSI & PEMINDAHAN KARYAWAN

                Mengatur Promosi  & Pemindahan Karyawan adalah bagian yang terintegrasi dari sebagian besar karir karier seseorang. 

                Dasar-dasar Promosi : Pedoman yang dijadikan dasar untuk mempromosikan karyawan atau pegawai adalah:
a)       Pengalaman (lamanya pengalaman kerja karyawan).
b)      Kecakapan (keahlian atau kecakapan).
c)       Kombinasi kecakapan dan pengalaman (lamanya pengalaman dan kecakapan).

                Syarat-syarat Promosi : Persyaratan promosi untuk setiap perusahaan tidak selalu sama tergantung kepada perusahaan/lembaga masing-masing. Syarat-syarat promosi pada umunya sebagai berikut :
> Kejujuran                        > Loyalitas        
> Disiplin                            > Komunikatif
> Prestasi kerja                 > Pendidikan
> Kerjasama                       > Kecakapan

                Pemindahan Karyawan  : Pemindahan karyawan dapat disebut juga sebagai Mutasi.
                                Mutasi atau transfer adalah perpindahan pekerjaan seseorang dalam suatu organisasi yang memiliki tingkat level yang sama dari posisi perkerjaan sebelum mengalami pindah kerja. Kompensasi gaji, tugas dan tanggung jawab yang baru umumnya adalah sama seperti sedia kala. Mutasi atau rotasi kerja dilakukan untuk menghindari kejenuhan karyawan atau pegawai pada rutinitas pekerjaan yang terkadang membosankan serta memiliki fungsi tujuan lain supaya seseorang dapat menguasai dan mendalami pekerjaan lain di bidang yang berbeda pada suatu perusahaan. 

                Tujuan Mutasi
a)      Untuk meningkatkan poduktivitas kayawan.
b)     Untuk menciptakan keseimbangan anatar tenaga kerja dengan komposisi pekejaan atau jabatan.
c)      Untuk memperluas atau menambah pengetahuan karyawan.
d)     Untuk menghilangkan rasa bosan/jenuh tehadap pekerjaannya.
e)      Untuk memberikan perangsang agar karyawan mau berupaya meningkatkan karir yang lebih tinggi.
f)   Untuk alat pendorong agar spirit kerja meningkat melalui pesaingan terbuka.
g)   Untuk menyesuaikan pekerjaan dengan kondisi fisik karyawan.

                Sebab dan Alasan Mutasi :
1).  Permintaan sendiri
          Mutasi atas permintaan sendiri adalah mutasi yang dilakukan atasa keinginan sendiri dari karywan yang bersangkutan dan dengan mendapat persetujuan pimpinan organisasi. Mutasi pemintaan sendiri pada umumnya  hanya pemindahan jabatan yang peringkatnya sama baik, anatrbagian maupun pindah ke tempat lain.
2).  Alih tugas produktif (ATP)
          Alih tugas produktif adalah mutasi karena kehendak pimpinanan perusahaan untuk meningkatkan produksi dengan menempatkan karywan yang bersangkutan ke jabatan atau pekerjannya yang sesuai dengan kecakapannya.

MANAJEMEN KARIR & KOMITMEN KERJA

                                Manajemen Karir : adalah proses untuk memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan mengembangkan kemampuan mengenai karir agar dapat menggunakannya secara efektif .

                                Komitmen Kerja Komitmen dalam pengertian ini adalah komitmen individu kepada organisasi yang menunjuk pada suatu sikap seseorang berdasarkan nilai-nilai yang dimiliki dan diwujudkan melalui perilaku (sebagai hasil pengaruh dari faktor internal dan eksternal kepemimpinan) pada organisasi.

                Esensi utama komitmen individu (komitmen kerja atau komitmen organisasi) terhadap organisasi adalah menunjuk pada sikap seseorang berdasarkan nilai-nilai yang dimiliki dan diwujudkan melalui perilaku (sebagai hasil pengaruh dari faktor internal dan eksternal) terhadap organisasi. Komitmen tersebut ditunjukkan oleh individu melalui keterlibatan dirinya pada organisasi, khususnya ia meyakini atau mempercayai tujuan dan nilai organisasi, berupaya untuk membantu usaha organisasi dalam mencapai tujuan, dan mempertahankan diri untuk tetap menjadi pegawai di organisasi.

DAMPAK DARI PENGARUH INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP SEORANG PEMIMPIN TERHADAP KARYAWANNYA
          Nilai internal: ialah merupakan ruang lingkup dalam perusahaan. Contohnya:
a. fasilitas yang memadai.
               b. kebersihan dan kerapian ruang tempat kerja sendiri.
          Nilai eksternal: ialah terhadap lingkungan luar.  Contohnya:
 a. presentasi kerja.
               b. kerjasama sesama karyawan.
 Seamangat terus buat teman-teman pembaca ;) ,, sukses selalu yaaa ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar